Wednesday, February 6, 2019

Cara Menambahkan Peta Situs Google ke Blog Blogger Anda

Cara Menambahkan Peta Situs Google ke Blog Blogger Anda

bloggerFile XML Sitemap seperti direktori semua halaman web yang ada di situs web atau blog Anda. Mesin pencari seperti Google dan Bing dapat menggunakan file sitemap ini untuk menemukan halaman di situs Anda yang mungkin terlewatkan oleh bot pencarian selama perayapan biasa.

Masalah dengan File Sitemap Blogger

File sitemap yang lengkap harus menyebutkan semua halaman situs tetapi itu tidak terjadi jika blog Anda di-host di Blogger.
File sitemap XML default dari setiap blog Blogger hanya akan memiliki 26 posting blog terbaru - lihat contohnya . Itu batasan karena beberapa halaman blog lama Anda, yang hilang dalam file sitemap XML default, mungkin tidak pernah diindeks di mesin pencari. Namun ada solusi sederhana untuk memperbaiki masalah ini.

Hasilkan Peta Situs Lengkap untuk Blog Blogger Anda

Bagian ini berlaku untuk blog Blogger biasa (yang menggunakan alamat .blogspot.com) dan juga blog Blogger yang di-hosting sendiri yang menggunakan domain khusus (seperti postsecret.com).
Inilah yang perlu Anda lakukan untuk mengekspos struktur situs lengkap blog Anda ke mesin pencari dengan bantuan sitemap XML.
  1. Buka Generator Peta Situs dan ketikkan alamat lengkap blog blogspot Anda (atau blog Blogger yang di-hosting sendiri).
  2. Klik tombol Buat Peta Situs dan alat ini akan secara instan menghasilkan teks yang diperlukan untuk peta situs Anda. Salin seluruh teks yang dihasilkan ke clipboard Anda (lihat tangkapan layar di bawah).
  3. Selanjutnya buka dasbor Blogger Anda dan di bawah Pengaturan -> Cari Preferensi, opsi aktifkan robots.txt (tersedia di bagian Perayapan dan Pengindeksan). Rekatkan teks clipboard di sini dan simpan perubahan Anda.
Dan kita selesai. Mesin pencari akan secara otomatis menemukan file sitemap XML Anda melalui file robots.txt dan Anda tidak perlu melakukan ping secara manual.
Blogger XML Sitemap
PS: Kalau sudah
beralih dari Blogger ke WordPress, masih masuk akal untuk mengirimkan peta situs XML blog Blogspot lama Anda karena itu akan membantu mesin pencari menemukan posting dan halaman blog WordPress baru Anda.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Menambahkan Peta Situs Google ke Blog Blogger Anda
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.